Skip to content

Bagaimana dengan organisasi kamu, sudah mulai shifting kah?

Memaknai Leadership yang menjadi urgensi saat ini adalah kepemilikan kepemimpinan menjadi milik bersama, kepemimpinan melekat pada diri setiap orang didalam tim. Bersama di #rumahkolaborasi, kami selalu mengingatkan bahwa dalam setiap bagian tim punya peran dan tanggung jawab, leadership lives everyone. Mengingatkan lagi bahwa ada pergeseran paradigma terkait kepemimpinan saat ini, menjadikan organisasi inklusif, adaptif & inovatif.

Jika melirik masa lalu, leadership akan mengacu pada rencana, sedangkan saat ini menjadi penting untuk menguasai skenario strategis. Jika masa lalu kita punya Superstars, saat ini bergeser jadi Superteams! Bukan lagi pada fokus pada individu sebagai bintang.

Perbedaan lain yang paling mencolok di masa lalu adalah terkait strategi yang mendorong budaya, saat ini justru budayalah yang mendorong strategi. Timnya pun bekerja untuk leaders, beda saat ini justru leaders-lah yang bekerja untuk tim, servant leader!

Secara organisasi bergeser dari hirarki ke network centred, tim juga tidak homogen tetapi multikultural. Saat ini juga tim perlu menjadi nyaman dengan berbagai ambiguitas, beda dengan masa lalu yang selalu memilih satu cara terbaik.

Di era digital ini juga perlu untuk merubah lanskap dari fokus keahlian ke seberapa cepat bisa belajar dan mengejar. Paradigma lainnya adalah dahulu kita tak perlu memperbaikinya jika tidak rusak, sekarang lain lagi kita mulai diperkenalkan dengan teknologi-teknologi yang disruptif. Perubahan organisasi juga dulu dilakukan dengan manajemen perubahan, namun saat ini justru dititikberatkan pada reframing pola pikir.

Secara organisasi pengelolaannya bergeser dari mengutamakan eksklusivitas dan kini beranjak menjadi inklusif dengan membangun komunitas dan ekosistem yang didalamnya terdapat kompleksitas yang dikelola dengan baik. Gimana dengan organisasi kamu, sudah mulai shiftingkah?