Skip to content

Bagaimana dengan ekosistem kamu, sudah jadi collective genius?🚀🚀

Menjalankan sebuah inovasi memerlukan sebuah ekosistem yang mau & mampu melaksanakan kerja kerasnya menuju proses inovasi. Dalam proses kerja kerasnya, kerangka inovasi ini membutuhkan tiga pilar penting, yakni:

1. Sense of Purpose, menjadi paham mengapa kita ada. Big why menjadi perlu sebagai alasan kuat dan menjadi energi terbesar pergerakan. Sense of Purpose memberi ruh dalam setiap tindakan keseharian. Tanpanya,  kita hidup layaknya seperti Zombie, yang hidup tapi tidak hidup, bisa bergerak tapi tanpa jiwa, bisa bertindak tapi tanpa rasa😥😥

2. Shared Value. Porter mengartikan shared value atau nilai bersama dengan “berfokus pada mengidentifikasi dan memperluas hubungan antara kemajuan masyarakat dan ekonomi”. Shared value dianggap konsep ideal yang melibatkan penciptaan nilai ekonomi bersamaan dengan penciptaan nilai bagi masyarakat dengan memenuhi kebutuhan dan mengatasi tantangannya. Creating shared value (CSV) adalah sebuah konsep yang memainkan peran ganda, yaitu menciptakan nilai ekonomi dan nilai sosial secara bersama-sama (shared), tanpa salah satu diutamakan atau dikesampingkan🤗🤗

3. Rules of Engagement. Hal ini juga menjadi pilar yang menantang, bagaimana menyelaraskan setiap kebutuhan dan cita-cita individu dengan organisasinya. Membangun budaya untuk saling berinteraksi dan bagaimana memiliki kesamaan perspepsi hingga cara berpikir yang bermuara pada pencapain goals bersama.

“Leaders of innovation teams are successful when they collaborate, engage in discovery-driven learning, and make integrative decisions”-:Linda Hill –  Collective Genius: The Art and Practice of Leading Innovation.

Menyeimbangkan tiga pilar budaya diatas justru menjadi pilar penting keberlanjutan, menjaganya untuk tetap memberikan ruang belajar, tumbuhnya ambisi-ambisi positif, kolaborasi, tanggung jawab dan proses tumbuhnya para pembelajar sepanjang hayat dan bertransformasi menjadi Collective Genius.

Bagaimana dengan ekosistem kamu, sudah jadi collective genius?🚀🚀